B I O S

PENGERTIAN BIOS
BIOS merupakan kependekan Basic Input/Output System (Sistem Input/Output Asas) atau Basic Integrated Operating System (Sistem Pengendalian Bersepadu Asas). Fungsi utama BIOS ialah untuk menyediakan mesin supaya atur cara perisian lain yang disimpan di berbagai media , dilaksana dan mengambil alih komputer tersebut. Proses ini dikenali sebagai but (bootingup). BIOS juga boleh dikatakan sebagai atur cara berkod yang dibenamkan dalm suatu cip yang mengenali dan mengawal papan induk serta pelbagai peranti komputer.
Istilah BIOS adalah khusus untuk komputer peribadi. Untuk jenis komputer lain, istilah bios sering digunakan sebagai boot monitor, boot leader atau boot ROM.
BIOS singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan berbagai rutin perangkat lunak yang dapat melakuakan hal-hal berikut:
  1. Inisialisasi (penyalaan) serta penyujuan terhadap perangkap keras dalam proses yang di sebut dengan power on selft test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan system operasisis
  3. Mengatur beberapa konvigurasi dasar dalam computer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabian computer)
  4. Membantu system operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunankan BIOS
  5. Runtime Services.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar